Rabu, 29 Juli 2020

Cinta Terlarang


Sebuah fenomena rumit...

Orang yang sedang jatuh cinta, termasuk cinta terlarang...itu tidak akan bisa dinasihati untuk berhenti. Cinta terlarang itu banyak jenisnya : ada yang terlarang karena tidak direstui kedua orang tua, ada yang karena salah satunya sudah punya pasangan, atau dua-duanya punya pasangan resmi. Bisa juga cinta masa lalu yang mencoba ingin kembali di waktu yang sudah tidak memungkinkan. Apapun itu jatuh cinta dan dijatuhi cinta adalah rasa yang unik dan susah dilogika-kan. Apakah itu desain alam semesta... entahlah.
Bagi yang berpasangan resmi kemudian terperosok dalam lingkaran cinta terlarang...baik orang lain maupun dirinya sendiri sering menuding LDR (long distance relationship/ cinta jarak jauh) sebagai penyebabnya, atau kecewa dengan pasangan resminya, dlsb banyak kambing hitam pokoknya. Kebanyakan pelaku tidak selesai dengan mengakui tetapi paket komplitnya adalah pembenaran, biasanya begitu, meskipun ada yang mengakui kemudian menyadari dan memperbaiki, selesai. Apapun itu cinta terlarang tetaplah harus diterima bahwa itu salah selama kita hidup di planet bumi dengan budaya seperti selama ini.
Seberapa dinamika perjuangan pelaku cinta terlarang...tergantung kekuatan pribadi masing-masing. Ada yang berakhir bahagia ketika pasangan resminya meninggal dunia lebih dahulu sehingga memuluskan jalan cintanya dari terlarang menjadi tidak terlarang. Ada yang memutuskan mengakhirinya walau dengan berat hati demi stabilitas rumah tangga. Sakit ? Tentu saja, siapa yang tidak sakit...ditinggal pas sayang-sayange..."
Tetapi kalau akhirnya berhasil lepas dari cinta terlarang karena usaha keras dari dalam diri, itu patut diacungi jempol. Karena peran orang lain menasihati tidak akan efektif di sini. Keberhasilan itu harus murni dari niat diri sendiri. Sulit ? O, tentu saja. Tetapi kalau bisa mencapai itu, meskipun tidak bisa menghapus rasa sayang tetapi tidak menghubungi mantan lagi, tidak kepoin FB-nya lagi, tidak follow akunnya lagi...benar-benar putus segala hubungan melalui sarana apapun, dengan sengaja dan dengan kesadaran penuh...maka seseorang bisa naik ke pembelajaran level berikutnya dalam kehidupan ini...
Selamat kepada yang berhasil naik level...berarti anda telah cukup memetik makna pembelajaran hidup melalui cinta terlarang, tetapi anda tidak perlu terseret pusarannya dan masuk terlalu dalam, tetapi anda berhasil muncul kembali di permukaan dan berenang normal lagi.
Bagi yang terseret...malah semakin dalam, apalagi menimbulkan kekacauan hubungan anak dan orang tua, keluarga besar, dlsb...masih punya kesempatan memperbaikinya tergantung kebaikan banyak pihak dan kesungguhan anda membuktikan keseriusan untuk insyaf, itupun levelnya harus cukup puas di bawah level yang pertama tadi.
Yang terhanyut selamanya tanpa berusaha...ya sudah, anda memutuskan menyerah...maka alam semestalah yang mengambil alih otoritas anda untuk memutuskan melalui orang-orang di sekitar anda. Baik atau burukkah keputusan itu ? Tentu keputusan semesta itulah yang terbaik dari sisa kekacauan yang ditimbulkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar