Kamis, 03 November 2016

beberapa potong cerita



Tgl 29 Maret :

Kegiatan pagi: setelah senam pagi, masih berlaku jadual yg sama seperti kemarin (minggu ini membersihkan kantor di dekat ruang direktur. Kami mengerjakannya berlima termasuk bersama direktur (Otsu Sensei), saya melihat sendiri beliau menyapu lantai dan membersihkan toilet di kantor ARI bersama kami atau bergantian, tetapi semua bekerja, tidak boleh ada yang hanya diam melihat. Otsu San memerintah kami dengan ramah dan senyum, mengajari kami sekaligus ikut mengerjakannya bersama kami. Meskipun kantor sudah kelihatan bersih, namun tetap dibersihkan setiap hari selama setengah jam. Sudah 3 hari ini aku disuruh pak direktur membersihkan lantai ruang kerja staf menggunakan mesin penyedot debu, sementara beliau menyapu di ruang tamu kantor. Teras kantor dibersihkan oleh Romeo, participant dari Liberia Africa.


Tgl 31 Maret

Masih senam pagi, bersih-bersih admin building, foodlife work di pig and chicken. Lalu sarapan pagi dan morning gathering. Kali ini John. Off the good to start. Check jadual April, besok di Fish. Lalu bantu Tadhasi Ito San packing telur bersama Lampita dan Thi Thi. Makan siang, main sepeda bersama teman-teman ke Nishinasuno. Balik ke kampus ARI. Bantu Jill bersama Kamleth bersih-bersih peralatan kandang babi.
Makan malam, semeja dengan John, Rudi, Brenda, Collins. Cerita tentang Indonesia.
Buka fesbuk.
Aku mau menunjukkan surat Kathy, tapi dicari di email susah sekali. Pulang ke Dorm dengarkan music Indonesia-Barat.



Tgl 1
Bangun, senam pagi, bersih-bersih ruang admin bersama direktur, David dan Romeo. Fish section bersama Khamlet, Ni San dan Antonio dipandu Rev. Wook Ban (orang Korea, staf ARI). Pengukuran temperature kolam, masih 90C jadi tidak perlu memberi makan ikan. Jam 8.30 Sarapan, jam 9 morning gathering oleh Osamu tentang empowerment. Pelajaran pertama jam 10. Sejarah dan vi-mi ARI oleh Otsu Sensei. Jam 12-13.30 makan. Menunya enak, cawan……(telur, jamur, sayuran di dalam cawan, dikukus), aku tidak makan nasi siang ini. Siang jam 2 pelajaran bahasa Jepang oleh Kyoko Ogura San. Isinya perkenalan dan spelling name with Japanese way. Jam 5-6 sore di fish section again. 6.30 makan. Jawab email Epil tentang penyesuaian gaji. Jam 7.30 latihan koor sampai jam 9 bersama orang-orang gereja Nhisinasuno, perkenalan lagi in Japanese. Coba skype dengan rumah, susah banget karena koneksi jelek. Jawab email Nana. Masuk kamar/ Dorm jam 9.30. Isi kerosene di penghangat ruangan bersama Mom Theodora, tapi setelah dihidupkan tetap tidak bisa.
Sampai di kamar check jadual dan ngetik laporan.

Tgl 2 April 2, 2014
Bangun pagi bersih muka, sikat gigi (tidak perlu mandi karena mau kerja dulu), main bola, senam pagi, bersihkan ruang admin (masih sama: pak direktur dengan senyumnya yang khas dan selalu menyapa, dia mulai membersihkan toilet, aku membersihkan ruang kantor pakai mesin penghisap debu). 7.00 fish section: cek suhu 80C, makani bebek pakai rumput, buat makanan bebek : okara, roti, dedak. ambil telur dapat 8 telur, cuci telur .
Jam 8 sarapan. Jam 9 morning gathering with Tomoko San. Pelajarannya: hear dan listen. Jam 10 kelas bahasa Jepang, tentang perkenalan

Untuk konsultasi
  1. Kesan saya sampai hari ini : semua menyenangkan, sedikit bingung soal pronounce yang bervariasi tapi basically it’s okay.
  2. Saya sudah melihat beberapa bagian foodlife work: pig-chicken feed, fish, CV. Siklusnya sudah baik. Ada beberapa ide untuk mengembangkannya,  di antaranya : bagaimana membuat pakan tanpa bahan kimia.

Aku merasakan sudah 3 kali gempa bumi selama di jepang ini. Gempa besar dan kecil-kecil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar