Selasa, 03 Desember 2013

Andai aku seorang anggota DPR-RI

Aku pernah nulis ini untuk ikut satu kompetisi menulis, tapi tidak jadi kukirim, aku post aja ke sini:

Andai aku seorang anggota DPR-RI
Sebuah impian sederhana ...

Aku ingin memperjuangkan kesejahteraan rakyat RI di manapun mereka berada yang telah bersedia membiayai kehidupanku dengan gaji, tunjangan, fasilitas mewah dan segala kemudahan spesial untukku sebagai anggota DPR yang terhormat. Aku akan mencari tahu kehidupan rakyat  yang tinggal di pelosok-pelosok, di pulau terpencil dan terutama yang miskin. Cara yang akan kutempuh adalah :
1.      Seratus hari pertamaku akan aku gunakan untuk mendapatkan potret berapa jumlah rakyat miskin, apa mata pencaharian mereka dan berada di mana saja mereka. Justru desa-desa yang sangat terisolir akan  menjadi tujuan utama kunjunganku untuk melihat langsung kondisi mereka dan bila perlu aku akan tinggal bersama mereka selama beberapa hari, ikut serta dalam setiap kegiatan sesuai profesi mereka. Anak-anakku akan aku ajak untuk ikut bermain dengan anak-anak mereka. Dengan tinggal bersama mereka yang terisolir, aku akan selalu ingat bagaimana susahnya kehidupan mereka dan betapa mereka tidak dapat memperoleh hak-hak mereka sebagaimana Warga Negara Indonesia yang lain.
2.      Bulan ke 4 – 6 aku akan mengunjungi penduduk yang tinggal di perkampungan padat dan kumuh. Bila perlu juga aku akan tinggal bersama mereka untuk beberapa hari, biar aku merasakan betapa sulitnya mereka bertahan hidup dalam kemiskinannya, aku ingin tau apakah anak-anak mereka bisa sekolah seperti anak-anakku. Aku juga akan mendatangi beberapa panti asuhan, SLB, panti jompo dan kelompok-kelompok rentan sosial yang lain. Aku akan bersama mereka merasakan apa yang mereka rasakan,
3.      Bulan ke 7-12 aku akan mengadakan sarasehan rutin setiap bulan melibatkan  berbagai komunitas masyarakat untuk menampung aspirasi rakyat yang bersifat kebutuhan bersama, bukan keinginan ataupun kepentingan pribadi dan golongan secara eksklusif. Hasil sarasehan itu akan aku gunakan sebagai acuan dasar dalam menyetujui setiap rencana kegiatan maupun anggaran yang diajukan oleh badan eksekutif, sehingga semuanya berfokus pada kebutuhan rakyat.
4.      Tahun ke 2 - 4 aku akan terus mencari daerah-daerah yang memiliki Pendapatan Domestik Bruto terendah untuk diberdayakan sesuai kondisi wilayahnya. Dalam hal ini tentu aku memerlukan dukungan pihak-pihak yang konsen pada peningkatan potensi wilayah dengan tetap memperhatikan rambu-rambu kelestarian lingkungan, tidak mengeksploitasi dan merusak alam.
5.      Pada setiap akhir tahun anggaran aku juga melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaanku selama satu tahun untuk memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai rencana, adakah penyimpangan yang terjadi berikut penyebabnya, apa langkah yang telah diambil dan bagaimana kondisi/ pencapaian terakhir. Kegiatan itu akan aku dokumentasikan dalam bentuk laporan yang berisi semua kegiatan, biaya, kendala yang kuhadapi sampai dengan rekomendasi untuk perencanaan tahun berikutnya.
6.      Tahun ke 5 dengan tetap melakukan pencarian terhadap wilayah-wilayah yang dapat dikembangkan dan berperspektif kelestarian alam, aku akan menggunakan separo waktu untuk mengevaluasi keseluruhan hasil kerjaku dan membuat laporan kegiatan maupun keuangan yang dapat diakses oleh rakyat/ publik.
7.      Akhir tahun ke 5 aku akan mempublikasikan sebuah laporan dalam bentuk buku berisi kinerja seorang anggota DPR RI kepada publik.

Demikianlah... andai aku menjadi seorang anggota DPR RI



Salatiga, 17 November 2013



Eunike Widhi Wardhani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar